Custom Search

Sabtu, 20 Januari 2018

Poktan Sudah Bisa Gunakan Pupuk Organik-Biogas Produk UPPO Kodim 0815 Mojokerto

Jurnalis : M. Yusuf
Perwakilan pokpan menerima pupuk organik. (Pendim for jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalmojo.com) - Kelompok Tani (Poktan) dan warga sekitar di Kecamatan Jetis, sudah bisa menikmati pupuk organik dan biogas yang dihasilkan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Kodim 0815 Mojokerto yang berada di halaman belakang Makoramil 0815/07 Jetis di Jalan Raya Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (19/01/2018).

Danramil 0815/07 Jetis, Kapten Inf Hari Subiyanto menjelaskan, sebenarnya UPPO Kodim 0815 ini sudah menghasilkan biogas pada awal minggu kedua bulan Januari tahun lalu.

"Namun untuk sementara pemanfaatannya untuk Makoramil sendiri, baik untuk lampu penerangan maupun menyalakan kompor," jelas Danramil 0815/07 Jetis, Kapten Inf Hari Subiyanto di sela-sela kegiatan penyerahan pupuk organik bagi Poktan.  

Penyerahan pupuk organik sejumlah 40 sak seberat 800 Kg (delapan kwintal) bagi Poktan Sumber Makmur dilakukan Danramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto, Kapten Inf Hari Subiyanto dan diterima oleh anggota Poktan Sumber Makmur H. Khoirul Anam, warga RT. 03/RW. 04 Desa Kupang, Kecamatan Jetis, yang mengelola lahan pertanian seluas 2.400 meter.

“Atas perintah Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., kita salurkan pupuk organik dan hasil biogas. Ada dua warga yang kita pasang pipa dan sudah teraliri biogas, yakni rumah Suwito (64) dan Sunatin (52). Untuk Pemasangan pipanya, instalasi dan kompor didukung oleh Koramil,” tegas Danramil.

Salah satu warga yang sudah mengunakan bahan bakar dari biogas. (Pendim for jurnalMojo.com)

Khoirul Anam, Anggota Poktan Sumber Makmur, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil Jetis dan Kodim 0815 Mojokerto. Drinya merasa senang dan sangat terbantu dalam penyediaan pupuk, khususnya pupuk organik.

"Dengan bantuan pupuk organik dari Koramil Jetis ini, dapat digunakan untuk pemupukan guna menjaga dan memulihkan kesuburan atau unsur hara tanah yang berkurang akibat penggunaan pupuk anorganik," terangnya.

Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., melalui Pasiter Kodim 0815 Kapten Arh Supriyono, mengatakan, UPPO ini merupakan Program Kementerian Pertanian RI yang bertujuan untuk memasyarakatkan pupuk organik, sehingga para petani memiliki kemandirian dalam mengembangkan dan menggunakan pupuk organik yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan pada lahan sawah.

"Ke depan diharapkan hasil produksi UPPO ini dapat disalurkan bagi semua Poktan secara bergantian guna membantu dalam pemenuhan kebutuhan pupuk organik. Hal ini merupakan salah satu sarana komunikasi sosial (Komsos) antara Koramil dengan masyarakat," pungkasnya.

Penyerahan pupuk organik tersebut disaksikan oleh Koordinator PPL Kecamatan Jetis Hariyono, SP, anggota PPL Jali, SP dan Rezi, SP., Kadus Kupang Hadiono, Babinsa Desa Kupang Sertu Slamet Sugiarto dan para Babinsa Koramil Jetis, serta Petugas UPPO Peltu Basuki dan Serka Sutikno. (dim/yus)