Custom Search

Sabtu, 20 Januari 2018

Guna Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, Danramil Bersama Forpimka Ikuti Deklarasi ODF

Jurnalis : M. Yusuf
Koramil 0815/10 Bangsal bersama Forpimka mengikuti deklarasi ODF. (Pendim for jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalmojo.com) - Danramil 0815/10 Bangsal, Kapten Arh Anang Supriyanto yang diwakili Bati Tuud, Pelda M. Ilyas Mustofa bersama Forpimka mengikuti deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di Balai Desa Pacing, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (19/01/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan UPT Puskesmas Bangsal dihadiri sekitar 100 orang, antara lain Camat Bangsal Drs. Moh. Riduwan MM., Kapolsek Bangsal diwakili Bhabinkamtibmas Bripka Kade Pitoyo, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Susi Dwi Arini S.Kep, MM., Ka UPT Puskesmas Bangsal dr. Ninis Budi Utami, Kades Pacing Mustaji, Babinsa, Tim Penggerak PKK dan masyarakat Desa Pacing.

Camat Bangsal Drs. Moh. Riduwan MM. mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Desa Pacing yang sudah siap mendeklarasikan ODF, sudah tidak melakukan BABS (Buang Air Besar Sembarangan) karena setiap rumah memiliki WC. Desa Pacing merupakan desa pertama di wilayah Kecamatan Bangsal yang mendeklarasikan ODF.

Kepala UPT Puskesmas Bangsal, dr. Ninis Budi Utami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Pacing beserta segenap warga, karena hari ini Desa Pacing sudah mendeklarasikan ODF.

"Terima kasih disampaikan juga untuk Forpimka atas peran serta dan dukungannya, sehingga Desa Pacing mencapai ODF atau BABS (Buang Air Besar Sembarangan)," ucap dr. Ninis.

Dengan dicanangkannya Desa Pacing sebagai Desa ODF, berarti semua warga sudah memiliki jamban dan tidak ada yang buang air besar sembarangan, sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

"Semoga kegiatan ini dapat memotivasi desa-desa lainnya di wilayah Bangsal untuk segera mencapai ODF," jelasnya.

Acara dilanjutkan Deklarasi ODF oleh Kades Pacing Mustaji melalui pernyataan bersama “Kami Masyarakat Desa Pacing Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan sekarang dan selamanya”. Usai deklarasi dilanjutkan penandatanganan naskah deklarasi oleh kepala desa beserta jajaran kepala dusun.

Di tempat berbeda, Danramil 0815/10 Bangsal, Kapten Anang Supriyanto mengatakan, dalam rangka mewujudkan Desa ODF, Puskesmas dapat bekerjasama dengan Koramil untuk menggerakan masyarakat membuat jamban keluarga.

Danramil juga menegaskan, selama ini Koramil sebagai satuan komando kewilayahan telah melaksanakan program karya bakti TNI pembuatan jamban keluarga bagi masyarakat miskin.

“Semoga kegiatan yang akan datang ada program pembuatan jamban keluarga, sehingga Koramil dan UPT Puskesmas dapat bekerjasama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat," pungkasnya. (dim/yus)